Monday, 7 March 2016

Video pembahasan soal kesetimbangan statis benda tegar

Kesetimbangan statis benda tegar

Sebuah benda dikatakan dalam kondisi kesetimbangan statis jika benda itu benar-benar diam baik secara gerak translasi maupun gerak rotasi. Misalkan saja sebuah kipas angin yang baling-balingnya berputar. Secara translasi, kipas angin barada dalam kondisi diam, namun secara rotasi kipas angin berada dalam kondisi bergerak. Kondisi ini menunjukkan bahwa kipas angin tidak dalam kondisi kesetimbangan statis. Syarat sebuah benda dalam kesetimbangan statis ada dua macam:
  1. Jumlah resultan gaya = 0
  2. Jumlah resultan torsi = 0
Resultan gaya = 0 menunjukkan benda berada dalam kondisi diam secara translasi. Resultan torsi = 0 menunjukkan benda berada dalam keadaan diam secara rotasi. Dengan dua syarat ini, kita bisa menyelesaikan permasalahan kesetimbangan statis benda tegar.

Postingan ini berisi video pembahasan contoh soal kesetimbangan statis benda tegar. Video ini dapat dijadikan bahan belajar siswa yang ingin memperoleh informasi tambahan tentang kesetimbangan statis benda tegar. Video ini juga dapat dijadikan bahan belajar dalam menghadapi berbagai ulangan disekolah seperti ulangan harian, UTS, UKK, UN dan ulangan atau tugas lainnya. Berikut adalah pembahasan contoh soal kesetimbangan statis benda tegar.

Pembahasan soal 1



Ditulis oleh: Admin Pembahasan Contoh soal Updated at : Monday, March 07, 2016