Sunday, 6 March 2016

Pembahasan contoh soal radiasi benda hitam (video)

Radiasi benda hitam

Radiasi adalah aliran kalor yang dihantarkan oleh gelombang elektromagnetik. Benda hitam adalah sebuah sistem ideal yang dapat menyerap seluruh kalor yang datang kepadanya. Materi radiasi benda hitam pada dasarnya menjelaskan tentang sumber cahaya. Sumber cahaya yang biasa digunakan manusia untuk penerangan adalah logam yang dipanaskan. Logam seperti besi jika dipanaskan maka lama-kelamaan akan memancarkan cahaya. Contoh lain adalah filamen pada lampu bohlam. Filamen lampu dapat memancarkan cahaya karena filamen ini dipanaskan oleh arus listrik.

Agar logam dapat memancarkan cahaya, maka suhu pemanasan minimum supaya logam memancarkan cahaya adalah 500 derajat celcius. Warna cahaya yang pertama kali muncul adalah kemerahan. Jika suhu terus dinaikkan maka warna cahaya akan berubah menjadi kekuningan. Warna cahaya ini berubah-ubah dengan urutan merah - jingga - kuning - hijau - biru - ungu - abu-abu - putih sesuai dengan kenaikan suhu. Teori ini dijelaskan oleh hukum pergeseran Wien.

Selain hukum pergeseran hukum Wien, terdapat teori Max planck yang menjelaskan tentang energi foton dimana energi foton bergantung pada frekuensi foton atau secara matematis dirumuskan dengan E = h f. Postingan ini berisi tentang video pembahasan soal radiasi benda hitam yang meliputi hukum pergeseran wien, teori Max planck, efek fotolistrik dan efek Compton. Berikut adalah video pembahasan contoh soal radiasi benda hitam.

Pembahasan soal hukum pergeseran Wien



Ditulis oleh: Admin Pembahasan Contoh soal Updated at : Sunday, March 06, 2016