Thursday, 3 September 2015

Teori Asal Usul Kehidupan

Teori Asal Usul Kehidupan

Teori asal usul kehidupan
Konsep tentang terjadinya kehidupan, setelah percobaan Louis Pasteur, timbul anggapan bahwa "Omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo". Yang berarti Kehidupan berasal dari telur, dan telur berasal dari makhluk hidup.
Asal-usul kehidupan tetap menjadi teori yang menarik bahkan misterius. Berikut adalah teori-teori asal-usul kehidupan:
1. Teori Abiogenesis
Teori ini mengemukakakn bahwa kehidupan terjadi dengan sendirinya, atau makhluk hidup berasal dari benda tak hidup. Teori ini dipelopori oleh Aristoteles, kemudian didukung oleh penemuan Antoni Van Leuwenhoek melalui penemuan mikroorganisme dari rendaman jerami dan oleh pendapat Needhom bahwa mikroorganisme terjadi dari air kaldu.
2. Teori Biogenesis
Teori ini menyatakan bahwa semua makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya. Teori ini dipelopori oleh Lazzaro Spallanzani, Francesco Redi, dan Louis Pasteur.
3. Teori Neobiogenesis
Teori ini berpendapat bahwa pada awal mula bumi belum ada kehidupan, dan akan terbentuk kehidupan melalui evolusi kimia dan evolusi biologi. Teori ini didukung oleh Harold Urey, Oparin, dan Stanley Miller,
4. Teori Kosmozoa
Teori ini menduga bahwa pada awal terjadinya bumi belum ada kehidupan, kemudian kehidupan mula-mula datang dari benda angkasa lain.
5. Teori Endosimbiosis.
Endosimbiosis artinya simbiosis antara dua organisme, salah satu menjadi inang dan satunya lagi masuk ke dalam tubuh inang. Teori ini muncul dengan ditemukannya fosil organisme prokariotik dan eukariotik.
6. Teori Syncitial
Teori ini diusulkan berdasarkan beberapa teori yang mencoba menjelaskan evolusi pada invertebrata. Teori ini diusulkan antara lain oleh Hadzi dan Hansen, Haeckel, Metschnikoff, dan Otto Batschli. Hadzi dan Hansen mengusulkan teori Syncytial yang menyatakan bahwa hewan multiseluler berasal dari kelompok ciliata purba yang multiseluler. nenek moyang hewan multiseluler diduga strukturnya tidak terbagi-bagi, tetapi kemudian menjadi terbagi-bagi atau menjadi terselularisasi ketika membentuk membran sel, sehingga menghasilkan kondisi multiseluler.
Haeclkel mengajukan teori koloni yang menyatakan bahwa metozoa diturunkan dari koloni flagellata.
Metschnikoff merevisi teori Haeckel dengan menyatakan bahwa model primitif pada gastrulasi Cnidaria adalah melalui ingression, yaitu sel-sel dinding Blastula berproleterasi kedalam blastosoel. Dia juga mengemukakan bahwa karena migrasi sel-sel ke ruang dalam maka blastea diubah menjadi organisme dengan struktur pada atau gastraea.
7. Teori perpindahan kehidupan ke darat.
Perpindahan kehidupan dari laut ke darat dapat dibuktikan dengan adanya sisik burung, metamorfosis katak, dan lainnya. Diperkirakan, ikan berevolusi menjadi amfibia, amfibia menjadi reftil, dan reftil menjadi mamalia dan burung.


Ditulis oleh: Admin Pembahasan Contoh soal Updated at : Thursday, September 03, 2015