Thursday, 3 September 2015

Mendengarkan secara aktif

Mendengarkan secara aktif

Mendengarkan secara aktif
Kemampuan mendengarkan secara aktif tidak hanya bermanfaat di bangku sekolah, tetapi sangat bermanfaat bagi karier anda. Apa yang harus ada lakukan agar dapat mendengarkan secara aktif? Berikut ini adalah tip-tipsnya:
1. Konsentrasilah pada gagasan utama
Saat anda mendengarkan, konsentrasilah pada gagasan utama yang sedang dibahas. Cobalah untuk membedakan antara gagasan utama dengan penjelasan-penjelasan tambahan dan contoh-contoh. Apabila anda tidak paham dengan gagasan utama dibalik penjelasan-penjelasan yang diberikan guru atau pembicara, jangan sungkan untuk bertanya.
2. Pikirkan tentang pertanyaan-pertanyaan yang ditemukan
Buatlah pertanyaan-pertanyaan ketika anda membaca bahan-bahan atau materi yang diisyaratkan. Apakah guru atau pembicara telah membahas atau menjawab pertanyaan-pertanyaan anda tersebut? Apabila anda mengalami kesulitan membuat pertanyaan, buatlah pertanyaan dengan cara mengubah tujuan pembelajaran, yang biasanya dibagian depan dari bahan presentasi guru atau pembicara. Catat informasi-informasi yang relevan dengan pertanyaan tersebut.
3. Buatlah catatan tindak lanjut
Lakukan komunikasi dengan diri sendiri tentang bacaan atau materi, kemudian buatlah catatan-catatan tindak lanjut, seperti "Harus lihat ....", "Saya belum paham ...", "Cari bacaan tentang ...".
4. Perhatikan petunjuk lisan
Seringkali guru atau pembicara menyampaikan petunjuk-petunjuk lisan, misalnya "ini penting", "ingat", "coba perhatikan". Petunjuk ini semuanya mengindikasikan adanya hal-hal penting untuk dicatat. Anda juga harus jeli mengidentifikasi saat guru berganti topik. Umumnya sebelu berganti topik, guru memberikan simpulan dari topik sebelumnya.
5. Catatlah dengan singkat
Buatlah singkatan-singkatan yang anda mengerti. Misalnya cont untuk contoh atau simp untuk kesimpulan. Anda juga bisa memakai simbol, misalnya bintang untuk menandai hal penting, titik tiga untuk menandai kesimpulan, atau tanda tanya untuk menandai hal-hal yang belum paham.
6. Buatlah peta gagasan
Saat anda mendengarkan penjelasan guru atau pembicara, buatlah peta gagasan dalam bentuk bagan atau gambar. Apa gagasan utama? Apa gagasan pendukung? Bagaimana kaitan antar tiap-tiap gagasan?
7. kembalikan konsentrasi
Pada umumnya konsentrasi seseorang akan menurun atau hilang setiap 20 menit. Untuk mengatasi hal tersebut ajukan pertanyaan kepada guru atau pembicara. Tindakan ini dapat mengembalikan konsentrasi.
Apakah anda mudah memahami penjelasan guru setelah menerapkan semua hal diatas? jika belum, jangan cemas. Anda masih punya banyak kesempatan untuk berdiskusi dengan teman anda yang lebih paham, mempelajari kembali buku catatan anda, atau bertanya pada guru diluar kelas. Kemampuan mendengar secara aktif akan meningkat, seiring dengan seringnya anda berlatih.


Ditulis oleh: Admin Pembahasan Contoh soal Updated at : Thursday, September 03, 2015