Thursday, 3 September 2015

Jenis-jenis hewan yang dilarang dibunuh

Jenis-jenis hewan yang dilarang dibunuh.

Jenis-jenis hewan yang dilarang dibunuh
Hewan merupakan salah satu makhluk yang banyak sekali manfaatnya untuk manusia. Salah satunya adalah ayam yang bisa kita makan telur atau dagingnya. Misalkan lagi sapi yang bisa kita ambil susu atau dagingnya. Dan masih banyak lagi manfaat dari hewan ini. Namun dari sekian banyak jenis-jenis hewan ini, ada beberapa jenis hewan yang diharamkan untuk manusia seperti babi. Ada pula jenis-jenis hewan yang dilarang untuk kita bunuh. Berikut adalah jenis-jenis hewan yang dilarang untuk dibunuh.
1. Semut
Semut merupakan salah satu jenis serangga yang terdiri lebih dari 12000 spesies. Semut memiliki ukuran yang kecil namun semut merupakan salah satu binatang kuat didunia karena semut dapat menopang beban yang beratnya 50 kali beratnya sendiri. Seekor gajah yang berukuran besar hanya mampu menopang beban 2 kali beratnya sendiri.
Semut menjadi salah satu jenis hewan yang dilarang dibunuh, hal ini sesuai dengan hadist Rasullah SAW yang diriwayatkan oleh Muslim "Salah seekor semut pernah menggigit seorang nabi, lalu nabi tersebut memerintahkan untuk mendatangi sarang semut dan membakarnya. Tapi Allah SWT menurunkan wahyu kepadanya 'Apakah hanya karena seekor semut menggigitmu lantas kamu membinasakan satu umat yang selalu bertasbih'   
2. Burung Hud hud
Burung Hud Hud adalah burung yang terkenal dalam kisah Nabi Sulaiman AS. Ia adalah burung yang sangat cerdik, ia merupakan salah satu utusan nabi Sulaiman a.s untuk menyampaikan surat kepada ratu Bilqis.
3. Lebah
Kebanyakan ulama mengatakan hukum lebah sama dengan hukum semut dengan landasan hadist diatas, yaitu larangan membunuhnya dan larangan memakannya. Namun para ulama menerangkan larangan membunuh lebah karena lebah menghasilkan madu yang sangat bermanfaat untuk manusia
4. Shurad
Shurad adalah burung berkepala besar dan berparuh besar, perutnya putih, punggungnya hijau, memangsa serangga dan burung kecil. Burung ini lebih besar dari burung pipit dan terkadang memangsa burung pipit.
Larangan membunuh keempat hewan diatas sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW "Rasullah melarang membunuh empat macam hewan yaitu semut, lebah, hud hud dan shurad. (HR Daud).
Namun ada beberapa hewan yang dilarang dibunuh karena alasan-alasan tertentu yaitu:
1. Katak
Dalam sebuah hadist Rasullah SAW pernah ditanya oleh seorang tabib tentang katak yang digunakan untuk campuran obat, lalu Rasullah SAW melarang membunuhnya (HR Ahmad, Al Hakim, dan Nasa'i)
2. Laba-laba
Laba-laba dilarang dibunuh karena hewan ini pernah menolong Rasullah SAW ketika beliau berada dalam gua Tsur bersama Abu Bakar r.a. Didalamnya Rasullah SAW dan Abu Bakar tidak henti-hentinya berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT. Mereka bersembunyi dari orang-orang Quraisy. Orang-orang itu mendatangi mulut gua untuk memastikan apakah Nabi SAW dan Abu Bakar ada didalamnya. Dimulut gua mereka mendapati sarang laba-laba yang masih utuh sempurna dan dua ekor merpati sehingga mereka yakin didalam gua tidak ada orang.
Itulah jenis-jenis hewan yang dilarang dibunuh.
Sumber: harianaceh.co.id


Ditulis oleh: Admin Pembahasan Contoh soal Updated at : Thursday, September 03, 2015