Sunday, 6 September 2015

Cara membuat blog di Blogger

CARA MEMBUAT BLOG DI BLOGGER

Blog merupakan salah satu aplikasi web yang berupa tulisan-tulisan yang diposting pada sebuah halaman web umum. Jadi dengan memiliki blog, jika kita memiliki tulisan, artikel atau file-file dokumen apa saja bisa dipublikasikan sehingga banyak yang melihat atau membaca. Sayangkan jika dokumen-dokumen itu kita simpan saja didalam laptop atau komputer. Bagi yang ingin membuat blog dan belum tahu cara membuatnya, disini akan dijelaskan cara membuatnya sampai cara mempostingkan blog. Pertama-tama kunjungi terlebih dahulu http://blogger.com setelah itu muncul tampilan seperti dibawah ini.

cara membuat blog di blogger













Agar mudah dalam proses pendaftaran pilih bahasa indonesia dipojok kanan bawah (perhatikan gambar), kemudian klik Buat akun maka akan muncul tampilan seperti ini.

Membuat blog di blogger











Kemudian isi Nama, Nama pengguna, Buat sandi, Konfirmasi sandi anda, tanggal lahir, nomor Ponsel sampai kode verifikasi. Kemudian centang tanda setuju dengan persyaratan menjadi anggota blogger. Lalu klik Lanjutkan.

Tuliskan Nama blog anda (bebas) contohnya FISIKA UNTUK UJIAN NASIONAL dan alamat url blog (bebas dan tergantung kesedian alamat) contohnya http://fisikauntukun.blogspot.com. Kalau sudah klik Lanjutkan.

Pilih template yang akan digunakan pada blog anda (bebas). Kemudian klik Buat blog maka tampilannya kira-kira seperti ini.

Membuat blog di blogger










Lalu untuk memulai memposkan blog, klik nama blog anda sehingga tampilan berubah menjadi seperti gambar dibawah ini.

Membuat blog diblogger










Berikut saya jelaskan fungsi-fungsi tombol yang terdapat pada tampilan diatas:
Entri baru berguna untuk membuat pos baru yang akan ditampilkan pada blog anda. Jika Entri baru diklik tampilannya seperti ini.

Membuat blog di blogger












Ikhtisar berguna untuk menampilkan penayangan hari ini, jumlah pos dan pengikut. Jika Ikhtisar diklik tampilannya seperti ini:

Membuat blog diblogger










Pos berguna sebagai daftar pos yang pernah dibuat diblog anda. Jika Pos diklik tampilannya seperti ini:

Membuat blog diblogger












Laman menampilkan daftar laman yang pernah dibuat diblog anda (tampilan mirip seperti Pos)
Google + menghubungkan blog anda dengan Google +.

Statistik menampilkan statistik blog. Jika diklik maka tampilan seperti ini:

Membuat blog diblogger












Kampanye menghubungkan blog anda dengan Google Adword

Tata letak berguna untuk mengedit/mengatur tata letak blog anda seperti menambah/menghapus label, menambah/menghapus laman dan sebagainya (banyak pilihannya). Jika diklik tampilan akan seperti ini:

Membuat blog di blogger














Template berguna untuk mengedit template blog anda atau mengganti template blog. Jika Template diklik kira-kira tampilan seperti ini:

Membuat blog di blogger












Setelan berguna untuk mengedit judul blog, alamat blog, privasi blog dan lainnya. Jika diklik tampilan seperti ini:

Membuat blog di blogger












Nah, itu dia penjelasan tombol-tombol pada blog (itu yang saya tahu).

Sekarang cara memposkan artikel atau apa saja diblog anda, caranya sebagai berikut:
Pertama klik Entri baru maka tampilan seperti ini:


Membuat blog di blogger















Tuliskan Judul pos yang ingin ditampilkan diblog anda (bebas). Kemudian pilih Compose jika pos yang anda kirimkan berupa tulisan langsung diblog, sedangkan HTML jika pos yang anda kirimkan berupa file (word, Pdf, excel dll) yang telah di upload (Uploadnya bisa di Google docs, slideshare, scribd dan lainnya) kemudian anda copy-pastekan kode embed-nya.

Jika tulisan/artikel sudah dibuat, jangan lupa isi Label, Jadwal, Link, lokasi, Deskripsi penelurusan, Pilihan (jika tidak diisi pun tidak apa-apa) disamping kanan. Jika sudah klik Pratinjau sebagai contoh tampilan pastingan anda diblog. Jika sudah yakin benar maka klik Publikasikan. Selesai.


Ditulis oleh: Admin Pembahasan Contoh soal Updated at : Sunday, September 06, 2015